Kamis, 05 Maret 2015

Provinsi Bengkulu - Rumah Adat Rakyat

     Seperti kebanyakan rumah tradisional di Sumatera, rumah tradisional Bengkulu  berbentuk rumah panggung. Rumah panggung dibuat untuk menjaga diri dari banjir dan serangan binatang buas. Selain itu, bagian bawah rumah panggung biasanya digunakan sebagai kandang ternak.

Rumah Bangsawan dan Rakyat 
     Ada dua jenis rumah tradisional Bengkulu berdasarkan ukurannya. Pertama, rumah bangsawan. Disebut rumah bangsawan bukan berarti ia milik orang-orang keturunan raja. Disebut rumah bangsawan karena ukurannya gedang alisan besar.

Rumah gadang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan untuk membicarakan masalah-masalah adat. Selain rumah gadang, adalah rumah rakyat. Rumah rakyat adalah rumah yang digunakan tempat tinggal kebanyakan orang Bengkulu. Ukurannya lebih kecil dari rumah bangsawan.
Terdiri dari Beberapa Ruang 
     Rumah Bengkulu memiliki beberapa ruang. Ada berendo atau beranda, yang biasa digunakan menerima tamu tak dikenal. Ada bilik gedang, atau kamar utama. Ini adalah kamar tidur bagi suami istri dan anak-anak yang masih kecil. Kemudian, bilik gadis. Bilik ini sebagai kamar anak gadis.

Letaknya biasanya dekat dengan kamar utama, agar orang tua lebih mudah mengawasi anak gadis mereka. Selain itu, ada ruang tengah, tempat untuk berkumpul anggota keluarga. Juga biasa digunakan sebagai tempat makan dan tempat tidur bujang (anak laki-laki remaja). Kemudian, dapur. Rumah keluarga berada biasanya dilengkapi ruang makan, garang (ruang tempat menyimpan air), dan beranda belakang.

     Jika ingin melihat bentuk-bentuk rumah tradisional nusantara, kita bisa kunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Di sana, hampir semua jenis rumah tradisional ada. Ada petugas yang akan dengan senang hati menjelaskan tentang seluk beluk rumah tradisional itu.
Sumber : http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Bengkulu/Tempat-Menarik/Mengintip-Rumah-Tradisional-Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar