Jumat, 27 September 2013

ADIWIYATA

PROGRAM ADIWIYATA

“Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup”.

       I.    PENGERTIAN ADIWIYATA

ADIWIYATA mempunyai pengertian
atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada citacita pembangunan berkelanjutan.

II.       TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA

1.      Tujuan Umum
Membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu untuk berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan bagi kepentingan generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.
2.      Tujuan Khusus
Mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dan perlindungan melalui pengelolaan sekolah guna mendukung penmbangunan berkelanjutan.

III.    PRINSIP-PRINSIP  DASAR PROGRAM ADIWIYATA

Prinsip dasar program adiwiyata ada 2, yakni :
1.      Partisipatif  : komunitas sekolah terlibat dalam menejemen sekolah meliputi keseluruhan proses mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan perannya masing-masing.
2.      Berkelanjutan : seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara  komprehensif.

IV.    KOMPONEN ADIWIYATA

          Untuk mencapai tujuan adiwiyata, ada 4 komponen program, diantaranya :
ü  Kebijakan Berwawasan;
ü  Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan;
ü  Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipasif;
ü  Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

V.       MANFAAT PROGRAM ADIWIYATA

Manfaat dari program Adiwiyata, adalah :
a.       Merubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.
b.      Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
c.       Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
d.      Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
e.       Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
f.       Dapat menghindari berbagai Resiko Dampak Lingkungan di wilayah sekolah.

g.      Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik, dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar